Menjaga Kandungan Bagi Ibu dengan Diabetes

Mengandung bagi seorang Ibu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, banyak sekali rintangan yang harus dihadapi demi menjaga kondisi Ibu dan bayi tetap sehat, terutama bagi Ibu dengan riwayat diabetes.

Selain menjaga kestabilan dan kesehayan dari si janin, kita juga harus menjaga kesehatan si Ibu agar selalu terkontrol kadar gila dalam tubuh mereka. Namun kondisi ini tidak menutup si Ibu untuk memiliki kehamilan yang normal, karena ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan si Ibu dan si janin.

Apa saja yang harus dilakukan Ibu hamil dengan riwayat diabetes? Bagi Ibu dengan riwayat diabetes, ada baiknya agar mereka selalu mengontrol kadar gula yang ada dalam darah jauh sebelum mereka memasuki masa kehamilan. Hal ini penting untuk dlakukan agar bayi yang dilahirkan sehat dan si Ibu tidak memiliki komplikasi karena penyakit lainnya.

konsultasi spesialis kandungan

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kada gula darah dalam tubuh selalu berada dalam batas normal terutama ketika berada dalam masa kehamilan.

  1. Bagi wanita yang memiliki riwayat diabetes, ada baiknya menemui dokter spesialis kandungan terlebih dahulu sebelum merencanakan kehamilan. Hal ini dilakukan untuk mengkosultasikan kondisi mereka dan meminta saran dari sang ahli terkait bagaimana cara menjaga kestabilan gula dalam darah, dan anjuran obat apa saja yang bisa dikonsumsi.
  2. Apabila Anda sudah menjalani masa kehamilan dan terdeteksi mengidap diabetes, sering-seringlah memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan perawatan yang terbaik. Biasanya Anda akan diminta untuk melakukan beberapa tes tertentu seperti tes darah, ataupun tes lainnya yang bisa digunakan untuk memantau pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan agar tetap sehat.
  3. Biasanya, seorang Ibu dengan riwayat diabetes akan mengalami kenaikan kadar gula yang cepat karena konsumsi energi yang tidak terkontrol. Hal ini tentu sangat emmbahayakan si Ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. Itulah mengapa sangat penting bagi si Ibu untuk melakukan pengecekan kada gula setiap tiga kali sehari.
  4. Agar kada gula dalam tubuh selalu stabil, Anda bisa mencoba mengkonsumsi obat ataupun insulin yang dianjurkan oleh dokter.
  5. Sering-seringlah berolah raga setidaknya 30 menit sehari, hal ini sangat penting agar gula darah dalam tubuh tetap terjaga. Jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan dengan sang ahli agar langkah yang dilakukan tidak salah dan mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh bagi si Ibu dan si janin. Selain beberapa cara diatas, Anda juga bisa menjaga kadar gula dalam darah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat.

Usahakan juga agar Anda memiliki jam makan yang teratur dan tepat waktu. Anda juga bisa menerapkan porsi makan yang cukup, meskipun sedikit tapi tetap sering. Setidaknya Anda makan 4-6 kali sehari agar asupan energi bisa cukup untuk tubuh Anda.

Hindarkan diri Anda dari makanan-makanan yang mengandung bahan pengawet, karena ini bisa mencegah Anda dari hipertensi yang sangat berbahaya untuk kandungan. Yang paling penting, hindari makanan-makanan yang manis dengan kadar gula yang tinggi.

Demi menjaga tubuh agar tetap sehat, selalu konsumsi sayuran dan buah-buahan yang menyehatkan bagi Ibu hamil. Anda juga bisa mengkonsumsi susu tanpa lemak sebanyak 1-2 gelas dalam sehari, hal ini sangat baik untuk tubuh agar kalsium bisa tercukupi dengan baik.

Selain dengan beberapa cara yang sudah disebutkan, melalukan sesi konsultasi spesialis kandungan juga sangat penting agar si Ibu selalu berada dalam kondisi terbaik. Jangan sampai Anda bertindak tanpa konsultasi dokter ya, karena hal ini justeru bisa membahayakan kesehatan si Ibu dan bayi yang ada dalam kandungan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>